Mengatasi Laptop/PC Macet dan Lelet

April 21, 2016

Secara Umum penyebab dari berat atau lambatnya Laptop/PC ketika dijalankan antara lain karena laptop/PC anda spesifikasinya rendah , Virus, kerusakan karna komponen Komputer (hardware), bisa juga karna Sistem oprasi yang menjalankan file atau aplikasi tanpa kita sadari.

Namun pernahkah anda mengalami ketika anda menggunakan laptop/pc anda, ternyata pada saat menjalankan laptop/pc anda terasa sangat lelet, berat atau macet-macet ketika dijalankan, padahal kita hanya menjalankan beberapa aplikasi, misalnya ketika kita sedang asyik browshing menggunakan aplikasi browsher, padahal aplikasi yang anda jalankan hanya satu yaitu aplikasi browsing. Hal ini pernah saya alami pada Windows 7, penyebab permasalahanya ternyata adalah karena ada suatu atau beberapa file berjalan begitu banyak memakan RAM, yaitu Windows Update dan Search Indexing.
Mengalami hal ini banyak dari beberapa pengguna, ketika laptop/PC sudah mulai lelet mereka langsung mengambil tindakan untuk melakukan INUL alias install ulang, bahkan ada yang melakukan install ulang sampai bebrapa kali dalam 1 tahun. Menurut saya ini sangat disayangkan. Untuk mengatasi hal alangkah lebih baiknya jika kita cari alternative lain dulu.
Oke langsung saja berikut ini cara mengatasinya:

Yang pertama kita lakukan adalah mendisable service “Windows Update”
Klik Start menu pada windows anda kemudian pada kolom “search programs and files” ketikan services kmudian klik enter.

Setelah itu cari windows update seperti gambar dibawah ini

Klik kanan pada windows update tersebut kemudian pilih properties, setelah itu pada “startup type” pilih disabled. Sehingga menjadi seperti gambar berikut kemudian klik apply lalu klik Ok.

Tutup form service.


Selanjutnya kita mematikan indexing sevice, langkahnya adalah sebagai berikut:
Klik start menu pada windows kemudian pada kolom “search programs and files” ketikan programs and features lalu klik enter. Setelah tampih gambar seperti berikut pilih turn windows features on or off

Lalu akan tampil form windows features sebagai berikut, kemudian hilangkan tanda centang pada Incexing Service. Kemudian klik ok, dan pilih restart later.


download tutorialnya di sini

You Might Also Like

0 comments